by: CITRAWEB SOLUSI TEKNOLOGI, PT
Aturan | Tentang Kami | Kontak Kami

Artikel

[MikroBits ETNA] Performa untuk OMV + Zoneminder

Jum'at, 29 November 2019, 09:13:00 WIB
Kategori: Fitur & Penggunaan

Setelah minggu kermain kita sudah mencoba instalasi Mikrobits ETNA dengan OMV + Zoneminder yang difungsikan sebagai NVR, sekarang kita akan melihat bagaimana performa dari perangkat MikroBits ETNA.

Untuk melihat performa ini, pada OMV sendiri sudah terdapat menunya yang mana kita bisa meihat beberapa kategori yang ingin kita monitoring. Kita bisa masuk pada menu 'Diagnostics' kemudian pilih 'System Information'.

Pada tampilan di tab 'Overview' terdapat informasi umum mengenai perfoema secara umum dari Mikrobits ETNA, seperti Hostname, OMV Version, Processor, Kernel,uptime, CPU Usage, Memory Usage, dll.

Kita juga bisa melihat lebih detail performa dari Mikrobits ETNA melalui Tab 'Performance Statistic'. Pada Tab tersebut kita bisa monitoring seperti CPU Usage, DISK Usage, Load Average, Memory Usage, Network Interfaces.

Dengan kondisi untuk recording 12 IP CAM dengan resolusi masing-masing 1360 x 768 (default) dan Maximum Frame Rate 15 fps, maka kita bisa melihat hasil statistiknya seperti berikut:

  • CPU Usage
Dengan CPU Usage kita bisa memantau bagaimana resource CPU yang digunakan oleh system dalam meng-handle proses yang ada. Untuk monitoring terdapat statistic rata-rata yaitu per Hour, per Day, per Week, per Month, dan per Year.
Jika kita melihat statistic per hari maka kita bisa melihat rata-rata CPU Usage berkisar antara 60 - 75% untuk menghandle proses yang ada.


  • DISK Usage
Pada menu ini kita bisa melihat bagaimana statistik penggunaan dari resource Storage (penyimpanan) pada MikroBits ETNA untuk data recording 12 buah IP Cam.

Untuk system Zoneminder sendiri, secara default terdapat limit kapsitas penyimpananya. Zoneminder akan menggunakan 95% kapasitas dari storage yang ada. Jika sudah sampai limitasi maka data akan di lakukan 'PurgeWhenFull'.


Sedangkan dari statistiknya sendiri kita bisa melihat salam waktu kurang lebih satu minggu, untuk kapasitas storage yang digunakan sudah mencapai 430GB. Dari sini kita bisa memperkirakan untuk storage yang kira-kira bisa kita gunakan untuk penyimpanan data capturing IP Cam-nya.

 

  • Memory Usage
Kita bisa melakukan monitoring rata-rata penggunaan memory dari systemnya. Kita bisa melihat rata-rata penggunaan memory untuk menjalankan system OMV dan zoneminder sebesar 6.5GB dari total Memory 16GB.


  • Network Interfaces
Untuk mengetahui berapa besar rata-rata trafik yang di-generate pada jaringan, kita bisa melihat di Tab 'Network Interfaces'. Dari contoh data yang terlampir untuk system OMV & zonminder anatar 'Outgoing' dan 'Incoming' rata-rata menggunakan troughput sebesar 3Mbps.





Kembali ke :
Halaman Artikel | Kategori Fitur & Penggunaan