by: CITRAWEB SOLUSI TEKNOLOGI, PT
Aturan | Tentang Kami | Kontak Kami

Artikel

Menu /Tool Fetch di MikroTik

Jum'at, 7 Februari 2020, 09:05:00 WIB
Kategori: Fitur & Penggunaan
Di sistem RouterOS MikroTik terdapat menu yang bisa kita gunakan untuk copy file ke/dari perangkat-perangkat yang ada dijaringan, baik nanti bisa menggunakan service HTTP dan FTP.
Dan pada versi RouterOS v6.45 keatas untuk menu fetch ini juga ditambahkan dukungan terhadap service SFTP (SSH File Transfer Protocol). Selain itu dengan /tool fetch ini kita bisa menggunakan perintah POST/GET dan mengirimkan data ke sebuah remote server.

Untuk menu /tool fetch ini belum tersedia menu dalam GUI di winbox ataupun webfig. Namun, kita bisa mengaksesnya menggunakan 'New Terminal'.

Contoh Konfigurasi

  • Download File
Pertama yang akan kita coba adalah menggunakan tool fetch ini untuk download/transfer file ke dalam system RouterOS. Sedangkan service yang akan kita gunakan dengan tool fetch adalah FTP.
Jadi, kita akan melakukan download file 'routeros-mipsbe-6.45.8.npk' dari NAS Server dengan IP address 192.168.128.6 menggunakan protokol FTP dan menyimpan di dalam file mikrotik menggunakan nama 'NewROS.npk'.


Untuk contoh perintah command-line yang bisa kita konfigurasi di New Terminal MikroTik seperti berikut. Parameter-parameter yang ada silakan disesuaikan dengan kondisi di lapangan, seperti IP Address, src-patch, user, password, dan lainnya.

[admin@RDist-SulihTiyo] > /tool fetch address=192.168.128.6 src-path=/Training/Tiyo/routeros-mip
sbe-6.45.8.npk user=sulih password=12345 dst-path=NewROS.npk port=21 mode=ftp



Dengan perintah diatas hasilnya bisa kita lihat pada menu /Files di Mikrotik, apakah berhasil di-copy atau tidak.


Untuk kebutuhan yang lain dengan menggunakan /tool fetch, kita bisa mencoba download file yang bersumber dari 'URL' di Inernet. Sebagai contoh kita akan mencoba download file 'Nice.rsc' dari halaman 'http://ixp.mikrotik.co.id'.
Contoh perintah command-line yang bisa kita lakukan pada New-Terminal seperti berikut:

[admin@RDist-SulihTiyo] > /tool fetch url="http://ixp.mikrotik.co.id/download/nice.rsc" mode=http


Selanjutnya kita bisa lihat hasilnya pada menu /files di MikroTik nya. Pastikan file tersebut sudah tersimpan di menu File.


  • Upload File
Setelah diatas kita sudah mencoba download file dari perangkat lain ke dalam MikroTik, selanjutnya kita akan mencoba juga untuk melakukan 'UPLOAD' file dari MikroTik ke perangkat yang lain.

Sebagai contoh kita akan mencoba upload file 'nice.rsc' yang sudah kita download sebelumnya ke perangkat MikroTik lainnya. Namun, nantinya hasil file yang kita upload, kita rename menjadi 'nice2.rsc'.
Alamat IP dari Mikrotik sebagai tujuan disini menggunakan 192.168.88.69 dengan user= admin password=[kosong].

Contoh command-line yang bisa kita ketikkan pada New-Terminal seperti berikut:

[admin@RDist-SulihTiyo] > /tool fetch address=192.168.88.69 src-path=nice.rsc user=admin password="" dst-path=nice2.rsc port=21 mode=ftp upload=yes



Dan untuk hasilnya kita bisa cek pada router MikroTik yang menjadi tujuan upload tadi.



SFTP (SSH File Transfer Protocol)

Sejak versi RouterOS v6.45beta50 pada menu /tool fetch ditambahkan dukungan terhadap mode SFTP yang mana kita dapat melakukan secure transfer menggunakan service FTP.

Sebagai contoh kita akan mencoba download file 'myBackup.backup' dari server NAS menggunakan SFTP. Disini contohnya untuk server NAS yang digunakan sama seperti sebelumnya yaitu dengan IP Address 192.168.128.6.

Berikut adalah command-line yang bisa kita ketikkan pada New-Terminal untuk menggunakan SFTP.

[admin@RDist-SulihTiyo] > /tool fetch url="sftp://192.168.128.6/Training/Tiyo/myBackup.backup" user=sulih password=12345 dst-path=backupku.backup

 
Dengan perintah diatas, kita akan download file 'myBackup.backup' dari NAS Server menggunakan SFTP. Selanjutnya kita simpan pada menu file mikrotik dengan nama file yaitu 'backupku.backup'.
Setelah proses download selesai, kita bisa juga cek pada menu file di MikroTik, apakah berhasil di download atau tidak untuk fle tersebut.



by: Sulih Tiyo Adi (Technical Support Engineer)



Kembali ke :
Halaman Artikel | Kategori Fitur & Penggunaan