by: CITRAWEB SOLUSI TEKNOLOGI, PT
Aturan | Tentang Kami | Kontak Kami

Artikel

[TELTONIKA] WAN Failover/Loadbalancing, SIM Switching

Jum'at, 10 April 2020, 13:25:00 WIB
Kategori: Fitur & Penggunaan

Pada artikel https://citraweb.com/artikel_lihat.php?id=380 dijelaskan bahwa RUT9XX memiliki dua SIM Tray. Pada artikel ini kami akan membahas apa sih fungsi dari 2 SIM Tray yang ada pada Teltonika RUT9XX tersebut. Tentunya kami juga akan membahas lengkap fungsi failover dan loadbalancing di Teltonika RUT9XX ini.

Failover

Failover bisa digunakan ketika Anda memiliki 2 gateway / isp atau lebih. Di Teltonika RUT9XX ini memungkinkan Anda memiliki 3 gateway yang berbeda jenisnya, yaitu Wired WAN, Mobile WAN2, WiFi WAN3.


Pada gambar di atas menunjukkan kami menggunakan 3 WAN dengan WAN utama pada ether WAN, WAN kedua dari wireless, dan yang jadi prioritas terakhir adalah LTE nya.

Anda dapat memilih satu WAN utama dan satu atau dua (atau tidak ada sama sekali) opsi WAN cadangan. Untuk memilih WAN utama Anda, cukup centang opsi yang diinginkan (kabel, seluler, atau Wi-Fi) di kolom 'Main WAN' (pertama dari kiri). Sedangkan untuk memilih WAN cadangan, centang opsi yang diinginkan di Cadangan Kolom WAN (kedua dari kiri).

Dengan skema tersebut diharapkan jika internet dari kabel putus maka koneksi internet pindah ke WLAN, jika WLAN putus pindah ke mobile/LTE.

Menentukan indikator untuk failover

Untuk mencapai failover yang baik, maka perlu ditentukan apa saja yang menjadi indikator untuk berpindah antar WAN.

  • Health Monitor Interval: Interval waktu pemeriksaan health check
  • Health Monitor ICMP Host (S): Menunjukkan ke mana harus mengirim permintaan ping untuk health check. Dapat kita isi dengan alamat Google Public DNS (8.8.8.8, 8.8.4.4)
  • Health Monitor ICMP timeout: Frekuensi permintaan ICMP dikirim. Disarankan untuk mengisi nilai yang lebih tinggi jika koneksi Anda memiliki latensi tinggi atau jitter tinggi (latency spike)
  • Attempts before failover: Jumlah ping yang gagal sehingga koneksi dinyatakan  "down"

Untuk health monitor ICMP host(s) bisa menggunakan IP WAN Gateway, DNS Server, atau Custom IP. Untuk ini kami menyarankan menggunakan custom IP. Karena tujuan kita adalah failover internet maka IP host yang dituju sebaiknya yang berada di internet.

Load Balancing

Konfigurasi load balancing di Teltonika ini cukup mudah, yaitu dengan mengatur mode WAN ke load balancing. Untuk konfigurasinya ada di menu Network → WAN.

Selanjutnya bisa juga mengatur rasio beban yang akan di masing masing WAN. Pengaturan ada di menu Network → Load Balancing.


Kita dapat menetapkan nilai rasio pada interface WAN. Nilai rasio mewakili persentase beban yang akan melalui interface. Misalnya, dalam konfigurasi default pada gambar di atas, 3 bagian lalu lintas akan melalui interface Wired dan 2 bagian akan melalui interface Mobile, yang berarti sekitar 60% (3/5) data akan ditransfer melalui Wired, 40% (2 / 5) melalui Mobile.

SIM Switching

Teltonika RUT9XX memiliki keunggulan salah satunya yaitu SIM Switching. SIM Switching memungkinkan Anda untuk mengatur SIM mana yang akan dipakai di Teltonika Anda ketika dalam keadaan keadaan tertentu.

SIM Switching ini berlaku untuk perangkat yang memiliki SIM slot lebih dari satu, misal RUT950 dan RUT955. Konfigurasi SIM Switching ada di dalam menu SIM Management yang dapat diakses dengan memilih menu utama Network-Mobile, pilih tab SIM Management.

SIM Switching digunakan untuk mengaktifkan perpindahan penggunaan SIM dan mengatur interval pemeriksaan perpindahan penggunaan SIM.

- Primary Card: Menentukan kartu SIM mana yang digunakan sebagai SIM utama. SIM utama adalah yang SIM digunakan router secara default, yang berarti bahwa setelah reboot atau modem restart, router akan mulai menggunakan kartu SIM utama.

- SIM Switching

  • Enable automatic switching: mengaktifkan fungsi SIM switching
  • Check interval: Interval waktu setelah router memeriksa perubahan kondisi yang sesuai dengan pengaturan SIM Switching.

Ada beberapa skenario yang bisa digunakan untuk melkukan SIM Switching, diantaranya yang mungkin umum digunakan:

  • On Weak Signal
Melakukan SIM Switching ketika kekuatan sinyal turun di bawah ambang batas yang ditentukan. Apabila opsi ini dicentang akan muncul Signal strength di bawahnya.

  • Mobile Data Limit
Melakukan SIM Switching ketika kartu SIM mencapai batas data yang ditentukan untuk periode yang ditentukan. Batas Data Seluler dapat dikonfigurasi di Network → Mobile → Mobile Data Limit.

  • On SMS Limit
Melakukan SIM Switching ketika kartu SIM mencapai batas SMS yang ditentukan untuk periode yang ditentukan. Batas SMS dapat dikonfigurasi di Network→ Mobile → SMS Limit.

  • On Data Connection Fail
Ketika mendapat pesan LCP atau ICMP echo dari host yang dituju.


Selain itu ada beberapa parameter yang bisa digunakan seperti, On Roaming, No Network, On Network Denied.

Pengetesan SIM Switching

Disini contoh penggunaan SIM Switching dengan metode 'ON Data Limit'. Pada pengetesan ini dibatasi untuk data limit sebesar 20MB.



Kebetulan untuk SIM1 terpasang operator seluler dari Telkomsel.


Selanjutnya dicoba dengan pengetesan bandwidth untuk mepercepat pemakaian hingga limitasi 20MB.



Dan hasilnya secara otomatis ketika mencapai 'Data Limit' secara otomatis akan di switching ke SIM2, yang mana kebetulan untuk SIM2 menggunakan operator seluler Smartfren.



===
by: Fathurrahman & Wahyu Susilo (Tech. Support Officer)



Kembali ke :
Halaman Artikel | Kategori Fitur & Penggunaan