by: CITRAWEB SOLUSI TEKNOLOGI, PT
Aturan | Tentang Kami | Kontak Kami

Artikel

[TELTONIKA] GPS Geofencing Pada RUT955

Senin, 18 Mei 2020, 10:17:00 WIB
Kategori: Fitur & Penggunaan

GPS Geofencing adalah salah satu fitur yang terdapat pada perangkat Teltonika yang memiliki GPS. Fitur GPS Geofencing ini digunakan untuk memberi batasan terhadap suatu wilayah. Dengan fitur ini kita bisa mendapatkan informasi terhadap perangkat ketika memasuki/meninggalkan area geofence, atau keduanya.

Untuk menggunakan GPS Geofencing ini, caranya cukup mudah. Pertama kita harus mengaktifkan terlebih dahulu fitur GPS pada Teltonika, untuk cara mengaktifkan fitur tersebut dapat dipelajari pada artikel [TELTONIKA] GPS Tracking Pada RUT955, selanjutnya kita buatkan profile pada menu GPS Geofencing, sebagai contoh tambahkan profile dengan nama "Kantor".

profile-gps-geofencing

parameter-gps-geofencing

Parameter Longitude Latitude akan digunakan sebagai center dari area geofencing. Parameter ini dapat kita isi dengan koordinat saat ini secara otomatis dengan mengklik tombol "Get" atau dapat juga diisikan secara manual. Parameter Radius berisi jarak terjauh area dari titik center. Isikan value pada parameter ini dengan satuan Meter. Area yang terbentuk dari radius inilah yang disebut sebagai area geofence. Untuk menuliskan log atau info ketika perangkat masuk atau keluar area geofence isikan parameter Generate Even On dengan "Enter/exit". Pada parameter ini dapat juga memilih untuk menuliskan log hanya saat perangkat masuk atau hanya saat perangkat keluar.

Dengan konfigurasi diatas, maka area geofencing yang didapat seperti gambar berikut.

area-geofence

Informasi yang didapat dari keluar/masuknya perangkat bisa dikombinasikan dengan fitur "Events Reporting", sehingga kita bisa mendapatkan informasi melalui SMS atau Email.

Konfigurasi "Events Reporting" dapat dilakukan dengan masuk ke dalam menu Status - Events Log, pilih tab Events Reporting. Buat dua konfigurasi untuk mendapatkan informasi ketika perangkat masuk ke dalam area geofence dan meninggalkan area Geofence.

events-reporting-gps-geofencing

Setelah berhasil menambahkan, lakukan edit terlebih dahulu supaya Events Reporting dapat berjalan. Konfigurasinya kurang lebih seperti berikut:

events-reporting-rule-gps-geofencing-1

events-reporting-rule-gps-geofencing-2

Penjelasan dari konfigurasi di atas sebagai berikut:
Enabled: Yes
Event type: GPS
Event subtype: left/entered geofence
Action: Send email/SMS
Enable delivery retry: Yes
Retry interval: 5 min
Retry count: 2
Subject: Subject email yang akan dikirimkan
Message text on Event: body email yang akan dikirimkan
SMTP server: SMTP server Anda
SMTP server port: port SMTP server Anda
Secure connection: sesuaikan dengan server Anda apakah menggunakan koneksi aman.
User name: user name SMTP Anda
Password: sandi SMTP Anda.
Sender's email address: email pengirim
Recipient's email address: email penerima

Pastikan terlebih dahulu bahwa rule diatas dapat berfungsi dengan normal, Anda bisa coba klik Send pada parameter Send test Email.

Kemudian buat konfigurasi lagi sehingga nantinya akan mendapatkan dua rule events reporting dengan subtype Left Geofence dan Entered Geofence.

events-reporting-rule-list-gps-geofencing

Dengan demikian ketika terdapat perangkat yang keluar dari area geofence maka akan mendapatkan informasi berupa Email, sesuai dengan konfigurasi yang dilakukan diatas.

notifikasi-gps-teltonika

Referensi :
https://wiki.teltonika-networks.com/view/RUT955_GPS
https://wiki.teltonika-networks.com/view/RUT955_Events_Log

===

by: Panji Yudha (Tech. Support Officer)




Kembali ke :
Halaman Artikel | Kategori Fitur & Penggunaan