by: CITRAWEB SOLUSI TEKNOLOGI, PT
Aturan | Tentang Kami | Kontak Kami

Artikel

[CHR] Pembelian Lisensi CHR

Rabu, 10 Juni 2020, 16:29:00 WIB
Kategori: Fitur & Penggunaan

Bagi para pengguna CHR atau Cloud Host Router ada kabar bagus nih. Citraweb sudah menjual secara resmi lisensi CHR lho. Lisensi yang dijual untuk lisensi CHR adalah dengan sistem prepaid-key. Tentu saja cara pembelian dan generate lisensinya sedikit berbeda.


Bagi teman-teman yang belum tahu mengenai CHR, bisa melihat terlebih dahulu penjelasannya di artikel berikut ini https://citraweb.com/artikel_lihat.php?id=158

Keuntungan menggunakan CHR, salah satunya adalah tidak memiliki batasan fitur seperti saat menggunakan RouterOS dan bersifat free (gratis). CHR bisa digunakan di aplikasi virtualisasi seperti VMWare, VirtualBox, Qemu, dll. Tetapi ada batasan speed tergantung dari lisensi yang digunakan.


Pada dasarnya Lisensi CHR sebenarnya dibagi ke dalam 4 type yaitu :

 Lisensi

 Batasan Speed

 Free

 1 Mbit

 P1

 1 Gbit

 P10

 10 Gbit

 P-Unlimitied

 Unlimitied


Lisensi Free akan otomatis muncul saat anda instalasi CHR. Jika menggunakan lisensi Free tidak cukup kebutuhan jaringan yang dimiliki, anda bisa menggunakan lisensi P1, P10 atau bahkan P-Unlimitied.


Berikut langkah-langkah pembelian lisensi CHR di citraweb.com :

1. Pastikan anda sudah memiliki akun pada website www.mikrotik.com. Karena sistem yang akan digunakan untuk lisensi CHR adalah prepaid key. Dan anda akan mendapatkan prepaid-key pada account mikrotik.com masing-masing. Pendaftaran User bisa pada menu Account pada website www.mikrotik.com. Pastikan anda menyimpan account tersebut baik-baik karena akan berisi lisensi yang anda miliki.


 


2. Selanjutnya, silahkan melakukan pembelian lisensi CHR secara online di website Citraweb.com disini . Pilih lisensi sesuai dengan kebutuhan dan lanjutkan hingga proses order Anda telah selesai sampai pembayaran sudah diterima.



3. Jika proses pembelian sudah selesai, silahkan login di www.mikrotik.com.
Selanjutnya masuk ke menu Account > Edit Account Details lalu pilih Account Authorization Key.





4. Pada bagian Account Authorization Key, kita akan generate keys yang nantinya akan digunakan untuk transfer Prepaid Keys / Lisensi yang dibeli. Pilih berapa lama Authorization Key akan valid. Defaultnya adalah 24 jam, lalu Generate.


 


5. Setelah Generate akan muncul kode Authorization key, silahkan di-Copy. Dan pastikan masih valid saat generate di website citraweb.com. Dan JANGAN SAMPAI SALAH/TYPO karena bisa menyebabkan lisensi hilang.


 


6. Selanjutnya, masukkan kode authorization key yang sudah di generate kedalam detail order pada website Citraweb.com. Lalu tekan tombol "Submit".




 

7. Selanjutnya, tekan tombol "Get Prepaid Key". Dan pastikan ulang kode auth key yang dimasukkan sudah benar. Jika sudah, tekan "Get Prepaid Online" untuk mendapatkan lisensi.


 



8. Jika proses transfer berjalan lancar, Cek pada account MIKROTIK.COM anda dan akan muncul prepaid key baru pada menu "Make a key from prepaid key".


 


9. Akan ada detail lisensi yang dimiliki beserta jumlahnya. Perlu diketahui, jika anda menggunakan Prepaid keys, maka lisensi tersebut bisa digunakan untuk RouterOS atau CHR.

Dengan perbandingan sebagai berikut :

a. Lisensi level 4 = P1

b. Lisensi level 5 = P10

c. Lisensi level 6 = P-Unlimitied


Lisensi yang terdapat pada akun Mikrotik.com bisa digenerate KAPANPUN dan akan tersimpan dalam account anda. Dan jangan sampai lupa dengan username password akun tersebut.


10. Karena Prepaid Keys ingin digunakan pada CHR, maka generate lisensinya agak sedikit berbeda, anda harus masuk ke Router CHR yang anda miliki. Selanjutnya buka menu System>License, ada pilihan "Renew License".

 

11. Pastikan router CHR yang anda miliki sudah terkoneksi ke internet. Lalu masukkan account (email) dan password account anda yang terdaftar di website WWW.MIKROTIK.COM. Dan pilih lisensi yang ingin digunakan pada CHR.
Router akan mencoba terkoneksi ke mikrotik.com untuk mengecek apakah user terdapat prepaid keys atau tidak.



12. Jika pengecekan ke server sudah selesai dan username dan password terkonfirmasi, maka lisensi yang dibeli akan masuk ke router CHR.



13. Pada mikrotik.com bagian "All CHR Keys" juga akan muncul System ID CHR yang sudah di generate.


 

14. Dengan konfigurasi diatas kita akan mendapatkan license P1 Trial dengan masa aktif selama 60 hari, untuk menyelesaikan pembelian maka kita perlu klik action "Upgrade".



15. Selanjutnya akan mendapatkan tampilan berikut ini, pastikan System ID sudah sesuai dengan CHR yang ingin di upgrade. Pada bagian level, pilih lisensi yang sudah dimiliki. Contoh disini menggunakan P1. Kemudian tekan "Upgrade".


16. Pada halaman pembayaran, pilih pembayaran dengan "PAY Using Prepaid key" seperti pada gambar dibawah ini



17. Ketika sudah berhasil melakukan pembelian maka akan mendapatkan informasi berupa "Transaction Successful". Dengan begitu maka license pada akun mikrotik.com kita juga sudah berubah menjadi P1-Perpetual





Hasilnya CHR sudah bisa digunakan secara normal, berikut perbedaan sebelum dan sesudah inject lisensi pada tampilan mikrotik.com.





Note tambahan :
Pada mikrotik.com, informasi expired akan hilang saat lisensi sudah berhasil dirubah. Pada winbox, ada sedikit perbedaan pada tampilan yaitu deadline dan renewal. Anda bisa cek pada menu System>License.




Fitur ini digunakan untuk menentukan due-date atau deadline pengecekan CHR ke akun mikrotik.com. Berikut penjelasannya :

- Waktu pada "next renewal at" adalah waktu dimana CHR mengecek ke akun yang bersangkutan apakah lisensi masih ada atau sudah di transfer ke CHR lain.

- Jika pada waktu "Deadline" masih tidak terdapat lisensi CHR, maka CHR tersebut tidak bisa diupgrade ke versi terbaru lagi. Dan CHR tetap bisa digunakan dengan lisensi yang sama.



Bagi teman-teman yang berminat membeli lisensi CHR bisa langsung order dengan detail berikut ini :

Untuk detail pembelian Lisensi CHR P1 ada disini

Untuk detail pembelian Lisensi CHR P10 ada disini

Untuk detail pembelian Lisensi CHR P-Unlimitied ada disini



Artikel ini dibuat pada 12 Juni 2020 

 




Kembali ke :
Halaman Artikel | Kategori Fitur & Penggunaan