by: CITRAWEB SOLUSI TEKNOLOGI, PT
Aturan | Tentang Kami | Kontak Kami

Artikel

[CAMBIUM] MAC Authentication dengan RADIUS

Jum'at, 12 Februari 2021, 08:56:00 WIB
Kategori: Fitur & Penggunaan

Pada artikel ini kita akan mencoba membahas salah satu metode authentikasi untuk jaringan wireless di Cambium, yaitu MAC Authentication denagn RADIUS Server. Sebelumnya di artikel yang lain pernah juga dibahas mengenai MAC Authentication di perangkat Cambium namun dengan CnMaestro, yang mana bisa dilihat pada link disini.

Dengan metode ini user tidak perlu lagi harus memasukkan kode authentikasi semisal username atau password jika ingin terkoneksi ke jaringan wireless. Sebagai administrator jaringan kita perlu menambahkan informasi MAC Address dari perangkat user ke database RADIUS. Dan dari data tersebut system MAC Authentication dari wireless Cambium akan melakukan pengecekan apakah MAC Address dari perangkat sesuai dengan yang terdaftar di dalam database.

Konfigurasi

1. Wireless Cambium

Untuk percobaan kali ini kita akan coba kombinasi Cambium dengan Usermanager sebagai RADIUS Server. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah konfigurasi pada sisi perangkat wireless Cambium, yaitu mengaktifkan MAC Authentication.

Kita bisa mengaktifkan MAC Authentication ini di menu WLAN --> Access. Dan disitu kita akan tentukan pada parameter MAC Authentication Policy ke opsi RADIUS. Selain itu perlu juga untuk menyesuaikan beberapa parameter seperti Delimiter dan opsi Upper-Case.


Selanjutnya, langkah kedua konfigurasi untuk komunikasi perangkat Cambium dengan Usermanager. Pada langkah ini kita setting di menu WLAN --> Radius Server untuk menentukan IP Address dari Usermanager, Secret, dan port yang digunakan.

Pastikan untuk mengisi dengan nilai yang sesuai, baik IP Address, Secret maupun Port, karena jika sampai salah maka proses komunikasi antara Cambium dan Usermanager tidak akan berjalan.

Bisa juga test dengan PING baik dari perangkat Cambium maupun Usermanager ke masing-masing IP Address dari perangkat tersebut untuk memastikan tidak ada masalah dengan koneksinya.


2. RADIUS Server (Usermanager)

Disisi Usermanager ada beberapa langkah yang perlu dikonfigurasi. Pertama, kita akan menambahkan infomasi dari perangkat Cambium sebagai RADIUS Client. Langkah ini bisa kita setting pada menu Routers --> Add --> New.

Kita tambahkan IP Address dan Shared Secret untuk perangkat Cambium.


Langkah kedua, kita tambahkan informasi MAC Address dari perangkat user. Untuk langkah ini bisa kita lakukan pada menu Users --> Add --> One.

Pada konfigurasi ini pastikan penulisan MAC Address sudah sesuai dengan perangkat user. Dan juga untuk format penulisan MAC Address seperti Delimiter menggunakan tanda pisah " - " (dash), bukan colon " : ". Serta penulisan menggunakan huruf besar (upper-case). Hal ini sesuai dengan pengaturan 'Delimiter' dan 'Upper-Case' di system Cambium sebelumnya.

Untuk MAC Address cukup kita isi pada parameter 'Username'.

Tahap Uji Coba & Debug

Kemudian setelah melakukan langkah-langkah diatas, kita akan uji coba koneksi apakah konfigurasi berjalan atau tidak. Kita coba koneksikan perangkat end-device (Smartphone/Laptop) dan kita bisa lihat pada log di Cambium apakah proses authentikasi berjalan atau tidak.


Begitu juga pada Active Session di Usermanager kita bisa lihat apakah user dengan MAC Address yang terdaftar sudah berhasil terauthentikasi atau belum.



_______________________

Artikel dibuat pada Feb 9, 2021 oleh Sulih Tiyo Adi (Tech Support Engineer)




Kembali ke :
Halaman Artikel | Kategori Fitur & Penggunaan