by: CITRAWEB SOLUSI TEKNOLOGI, PT
Aturan | Tentang Kami | Kontak Kami

Kami tetap melayani pembelian secara online

Sehubungan dengan wabah COVID-19, kami tetap melayani pembelian barang secara online.

Nikmati ONGKOS KIRIM GRATIS untuk tujuan Pulau Jawa.

Untuk konsultasi, gunakanlah telp 0274-6059988 atau email/web. Kantor Yogyakarta beroperasi Senin - Jumat jam 09.00 - 17.00 WIB dan untuk sementara tidak melayani kunjungan konsultasi dan support.

Kunjungan dan Pengambilan Barang

Untuk sementara waktu PT Citraweb Solusi Teknologi tidak menerima kunjungan dalam bentuk apapun. Semua kegiatan yang berhubungan dengan konsultasi, RMA dan order dilakukan secara online.

Artikel

Zerotier Controller pada MikroTik RouterOS

Senin, 25 April 2022, 13:13:30 WIB
Kategori: Fitur & Penggunaan
MikroTik terus mengembangkan software nya, di versi 7 kemarin terdapat fitur baru yang cukup keren bernama zerotier. Kami sudah mencoba fitur tersebut dan mengimplementasikan nya. Untuk contoh Penggunaan ZeroTier di MikroTik RouterOS bisa kalian lihat pada artikel berikut https://citraweb.com/artikel_lihat.php?id=460

 

Sayangnya fitur zerotier ini baru bisa dinikmati oleh pengguna produk mikrotik dengan arsitektur arm dan arm64 seperti hap ac3, rb5009, ccr 2000 series, dan router lain dengan arsitektur arm atau arm64.

 

 

Pada artikel ini kami akan mencoba untuk membahas penambahan fitur pada zerotier, yaitu adalah zerotier controller. Ini merupakan pusat konfigurasi untuk zerotier nodes. Zerotier controller mengatur node, ip address, route, dan opsi opsi lainnya.

 

 

Sebelumnya kami menggunakan zerotier controller pada zerotier.com, namun sekarang sudah ada zerotier controller pada mikrotik maka kita bisa menggunakan zerotier controller pada mikrotik daripada menggunakan zerotier controller pada zerotier.com. Alasan nya cukup simple yaitu kita bisa melakukan konfigurasi langsung pada router ketimbang harus membuka di web browser.

 

Prasyaratnya

  1. Menggunakan MikroTik dengan arsitektur arm / arm64
  2. Menggunakan RouterOS 7.3beta33 atau lebih baru
  3. Install package zerotier.

Konfigurasi

Untuk contoh implementasi dari ZeroTier Controller ini maka nanti akan ada 3 perangkat yaitu satu router utama (Controller), satu router (Node), smartphone (Node).  
Kemudian nanti juga akan kita dapatkan istilah baru untuk konfigurasi ini yaitu VL1 Level dan VL2 Level. VL1 ini merupakan ZeroTier Planet Server dan VL2 adalah router MikroTik sebagai ZeroTier Private Controller.  
Router Utama (Controller)
Langkah pertama, kita akan konfigurasi pada router utama terlebih dahulu yang posisi sebagai controller. Konfigurasi yang dilakukan adalah kita akan mengaktifkan instance untuk terkoneksi ke VL1 Level.
 

 

Setelah "Running"  selanjutnya kita akan setting controller sebagai VL2 Level. Dan untuk konfigurasinya saat ini masih belum tersedia GUI pada winbox sehingga kita harus setting mellaui "New Terminal".

 

 

Pada konfigurasi di atas pastikan kita set opsi "PRIVATE = yes" untuk lebih memebrikan keamanan di jaringan ZeroTier.

 

 

Kemudian kita tambahkan interface ZeroTier yang nantinya untuk komunikasi dengan perangkat-perangkat di jaringan. [PENTING] Pastikan Netork-ID sesuai dengan yang ada di controller yang tertampil pada gambar di atas, yaitu 98b034ce4300f51a

 

 

Karena sebelumnya untuk akses kita setting "PRIVATE=YES" maka interface yang dibuat tidak langsung running dan status = ACCESS_DENIED

 

 

Hal yang sama dapat kita lihat pada controller member, yang mana terlihat ada satu yang terdaftar namun belum AUTHORIZED

 

 

Untuk itu kita harus melakukan "AUTHORIZED" secara manual melalui controller. Adapaun caranya seperti berikut:

 

 

Kemudian cek kembali status dari interface ZeroTier maka akan muncul informasi STATUS = OK. Dan apabila kita cek pada menu IP Address akan terdapat tambahan IP Address baru secara dinamis.

 

Router Node
Pada router yang lain sebagai node perlu dikonfigurasi unruk sinkron ke controller. Seperti sebelumnya kita aktifkan instance dan menambahkan interface dengan Network ID yang sesuai dengan controller.

 

Dan di sini interface tidak bisa langsung "RUNNING" dan status ACCESS_DENIED. kita juga harus melakukan authorisasi secara manual di sisi router utama (controller).

 

 

Kemudian cek kembali status pada interface ZeroTiernya dan juga alokasi IP Address untuk memastikan konfigurasi berjalan dengan baik.

 

Smartphone Node
Sebagai ZeroTier Node bisa juga kita menggunakan eprangkat smartphone. Dan contoh kali ini kita akan gunakan Smartphone Android untuk terkoneksi ke jaringan ZeroTier.


Untuk kebutuhan ini langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah:

 

 

  1. Download melalui APK atau link https://www.zerotier.com/download/
  2. Buka aplikasi ZeroTier di smartphone dan join ke Network-ID 98b034ce4300f51a
  3. Lakukan manual "AUTHORIZED" di Router Utama suapaya smartphone seperti cara sebelumnya supaya smartpone mendapatkan akses konfigurasi zerotier.

 

 




Kembali ke :
Halaman Artikel | Kategori Fitur & Penggunaan