by: CITRAWEB SOLUSI TEKNOLOGI, PT
Aturan | Tentang Kami | Kontak Kami

Artikel

Upaya Penanganan Bencana Tsunami dan Gempa di Aceh

Kamis, 1 Desember 2005, 15:57:00 WIB
Kategori: Mikrotik @ Media
Subject: Relief efforts for Tsunami and Earthquake victims in Indonesia
To: All members of the wireless networking community
From: MikroTik
Date: January 3rd, 2005

Hari Kamis yang lalu, Valens Riyadi, partner dari Indonesia dan reseller produk Mikrotik, mengikuti tim pendukung upaya penanganan bencana tsunami dan gempa bumi di Banda Aceh, Indonesia, dalam rangka mengembangkan sistem internet dalam keadaan darurat. Tim ini dinamai Aceh Media Center dan aktifitasnya dapat dilihat di http://www.acehmediacenter.or.id. Tim ini beranggotakan komponen dari Asosiasi ISP Indonesia (APJII) dan berbagai institusi lainnya.


Keberangkatan Tim - Suasana keberangkatan tim Aceh Media Center (Airputih) di bandara Halim Perdana Kusuma (29 Desember 2004). (dok tim Airputih)

Sebelumnya, Valens adalah salah seorang pendiri sebuah ISP dan sempat mengoganisasikan seminar dan training Mikrotik di Indonesia. Dukungan atas tim ini tentu akan menjadi sumbangan yang berguna.

Karena informasi yang ada saat ini simpang siur dan komunikasi ke daerah bencana sangat sulit, informasi berikut ini mungkin sudah tidak up-to-date lagi. Namun, informasi terakhir yang kami peroleh, Valens Riyadi dan tenaga teknis lainnya saat ini sedang mempersiapkan jalur wireless yang akan menghubungkan kantor penanganan bencana dengan titik terminasi satelit, yang akan memungkinkan terkoneksinya :
  1. Korban tsunami
  2. Hubungan dengan pemerintahan pusat di Jakarta
  3. Berbagai tim penanganan di Banda Aceh
  4. Tim NGO / LSM
  5. Press Center
Mikrotik telah menyumbangkan 6 buah wireless outdoor 5GHz dan juga router hotspot, dan barang-barang ini sekarang sudah berada di Indonesia.


Kembali ke :
Halaman Artikel | Kategori Mikrotik @ Media