by: CITRAWEB SOLUSI TEKNOLOGI, PT
Aturan | Tentang Kami | Kontak Kami

Artikel

[CAMBIUM] Menggunakan cnMaestro sebagai controller AP cambium

Jum'at, 17 Juli 2020, 16:57:00 WIB
Kategori: Fitur & Penggunaan
cnMaestro adalah perangkat lunak dari cambium network yang bisa digunakan untuk mengontrol Access Point cambium. Selain itu, cnMaestro juga bisa digunakan untuk monitoring penggunaan secara real time.

cnMaestro sendiri ada 2 jenis yang bisa digunakan, yaitu cnMaestro cloud dan cnMaestro on premises. Yang paling membedakan dari kedua jenis tersebut adalah penempatan server nya. cnMaestro cloud berada di server milik cloud.cambiumnetworks.com sedangkan cnMaestro on premises bisa kita install di server milik sendiri.

Selain penempatan server, ada beberapa fitur yang tersedia pada cnMaestro on premises seperti auto provisioning, managed service, data tunnel, api client, snmp yang tidak tersedia di cnMaestro cloud.

cnMaestro Cloud

cnMaestro cloud bisa didapatkan pada halaman https://cloud.cambiumnetworks.com/ dengan cara membuat akun menggunakan alamat surel. Setelah itu akan mendapatkan pesan verifikasi untuk melanjutkan proses pendaftaran.





Setelah selesai membuat akun, kita sudah bisa menggunakan cnMaestro cloud. Tampilan awal nya adalah seperti pada gambar berikut.



Kalian juga bisa mengubah tampilan sesuai kebutuhan melalui tipe akun pada yang ada di pengaturan. Tipe akun yang tersedia adalah “Access and Backhaul”, “Industrial Internet”, dan “Enterprise”.

cnMaestro on Premises

Berbeda dengan cnMaestro cloud, cnMaestro on premises ini harus dipasang pada server milik sendiri. Format yang diberikan dari cambium adalah berbentuk ova dan bisa kalian dapatkan pada halaman berikut: https://support.cambiumnetworks.com/files/cnmaestro/

Sebagai contoh kami lakukan pemasangan cnMaestro pada virtualbox dengan cara import appliance.



Setelah selesai mengimpor, bisa lakukan konfigurasi yang diperlukan pada command line.
Secara default, username/passwordnya adalah cambium/cnmaestro. Kalian bisa menyesuaikan IP Address yang digunakan pada jaringan, mengubah konfigurasi ntp, password, dan lain lain.



Namun untuk penggunaannya kita bisa menggunakan webui dari cnMaestro tersebut. Webui dari cnMaestro bisa diakses pada https://[ip-address-cnmaestro]/
Secara default, username/password nya tidak sama dengan command line nya, yaitu admin/admin.



Provisioning

Agar cnMaestro bisa terhubung dengan perangkat cambium seperti access point, perlu dilakukan provisioning perangkat.

Untuk melakukan provisioning perangkat atau memasukkan perangkat cambium ke dalam cnMaestro ada beberapa metode yang bisa digunakan. Bisa dilakukan secara manual maupun “zero touch provisioning” atau bisa disebut otomatis.
 
Manual

Melakukan provisioning perangkat secara manual sendiri ada 2 cara yaitu melalui claim device pada cnMaestro atau bisa juga melalui perangkat cambium nya langsung.

Claim device melalui cnMaestro.
Jika menggunakan cnMaestro cloud, untuk melakukan claim device bisa dengan cara memasukkan serial number perangkat dan perangkat akan otomatis masuk pada tab “onboard” di cnMaestro ketika terkoneksi dengan internet.



Apabila menggunakan cnMaestro on premises, kita melakukan claim tidak berdasarkan serial number, melainkan mac address. Kalian juga perlu mengubah konfigurasi cnMaestro url pada perangkat cambium. pengaturan terletak pada menu configure-system.



Claim device melalui perangkat

Selain melalui cnMaestro, kalian juga bisa melakukan provisioning melalui perangkat itu sendiri.

Sebelum melakukan provisioning melalu perangkat, kita perlu mengatur onboarding key pada menu claim from device.



Setelah itu kita bisa memasukkan Cambium ID dan Onboarding Key pada perangkat. Beberapa saat kemudian perangkat akan masuk ke dalam menu onboard. 

Zero touch provisioning

Salah satu fitur yang sangat menarik pada cnMaestro adalah auto provisioning. Dimana kita bisa melakukan provisioning perangkat secara otomatis tanpa perlu melakukan remote satu per satu.

Untuk melakukan zero touch provisioning diperlukan perangkat dukungan yang bisa memberi dhcp option pada saat perangkat cambium meminta DHCP, salah satu contohnya adalah router mikrotik.

DHCP option yang bisa digunakan adalah 60 dengan nilai disesuaikan dengan perangkat cambium yang digunakan dan DHCP option 43 untuk url server cnMaestro yang digunakan.



https://community.cambiumnetworks.com/t5/cnMaestro/Device-Onboarding-and-Windows-DHCP-Options-for-cnMaestro-On/td-p/55199

Pengaturan DHCP option pada DHCP server adalah sebagai berikut



Setelah cambium mendapat DHCP option tersebut, kita hanya perlu melakukan claim device menggunakan mac address dari perangkat tersebut.

Auto provisioning

Fungsi dari auto provisioning adalah melakukan approve perangkat dengan memberikan template pengaturan yang sudah ditetapkan.



Artikel ini dibuat pada hari Jumat, 17 Juli 2020



Kembali ke :
Halaman Artikel | Kategori Fitur & Penggunaan