by: CITRAWEB SOLUSI TEKNOLOGI, PT
Aturan | Tentang Kami | Kontak Kami

Artikel

[APlus UPS] Pantau & Kontrol UPS APlus dengan UPSilon 2000

Senin, 24 Agustus 2020, 11:29:00 WIB
Kategori: Fitur & Penggunaan

UPSilon 2000 adalah software yang bisa digunakan untuk memantau dan mengontrol smart UPS, yang bisa menampilkan input & output tegangan, frekuensi listrik, beban, temperatur, dan kapasitas baterai dalam bentuk digital dan grafik.

UPSilon 2000 ini tidak hanya bisa digunakan untuk UPS APlus saja, namun bisa juga digunakan pada UPS lain yang mendukung protokol MegaTec.

Penggunaan
Kita perlu mengunduh dan memasang software UPSilon 2000 yang dapat diunduh pada halaman berikut: http://megatec.com.tw/UPSilon2000V5.4.Download.zip

Pastikan gunakan sesuai dengan sistem operasi yang Anda gunakan. Saat pemasangan software, Anda juga harus memasukkan serial number dari perangkat yang Anda gunakan, serial number bisa ditemukan pada kertas panduan saat pembelian.


Pada artikel ini kami melakukan uji coba pada APlus Line Interactive UPS, 800VA/480W (https://citraweb.com/produk_lihat.php?id=808) yang sudah mendukung komunikasi via USB.

Tampilan utama dari UPSilon 2000 ini bisa dilihat dengan meter, digital, block, dan chart. Kemudian di bagian bawah ada kotak yang memuat log dari UPSilon 2000.

Settings
Pertama, Kita perlu menentukan koneksi dari PC ke UPS, di kasus ini kami menggunakan USB untuk komunikasi nya.


Setelah mengatur tipe komunikasi dan menyambungkan dengan kabel, seharusnya PC sudah dapat terhubung dengan UPS. Bisa dilihat di dashboard, bahwa status status sudah berisi nilai dari UPS tersebut.

Fitur yang ada pada UPSilon 2000
Shutdown
UPsilon 2000 juga mampu mematikan atau shutdown PC dan UPS dengan parameter tertentu yang di atur. Pada contoh gambar ketika AC failure atau baterai UPS lemah atau baterai ups dibawah dari yang di set, maka dalam 1 menit akan mematikan PC.


Warning Message
Warning Message ini berguna untuk memberi popup pesan peringatan ketika ada perubahan pada UPS yang terhubung. Kita bisa juga untuk mengatur pesan peringatan secara custom. Pengaturan ada di Settings → Warning Message


Mail
Kita juga bisa menggunakan email untuk mengirimkan pemberitahuan tentang perubahan UPS. Ini saat berguna ketika kita sedang tidak ada di tempat atau sedang tidak memantau UPS secara langsung. Pengaturan ada di settings → email.


Anda perlu mengatur SMTP server yang akan digunakan untuk mengirim email dan penerima. Setelah itu bisa lakukan test kirim email dengan tombol "test" dan jika berhasil maka jika terjadi perubahan pada UPS, UPSilon 2000 akan mengirimkan pesan ke email penerima yang sudah di atur tadi.


SMS

Untuk fitur SMS juga mirip seperti email, fungsinya untuk memberi notifikasi jika terjadi perubahan pada UPS. Jika ingin menggunakan fitur SMS ini diperlukan modem atau sms server.


Kita perlu konfigurasi dimana com port yang digunakan oleh modem dan tipe modem yang digunakan. Konfigurasi nomor penerima ada di bagian "Notified Number"



Task
Pada menu task ini kita bisa mengatur jadwal sekali, tiap hari, tiap pekan, dan tiap bulan untuk megontrol UPS, misalnya self test, menyalakan, dan mematikan UPS.


Control
Mirip dengan task, di menu control ini, UPSilon 2000 bisa mengontrol UPS yang terhubung secara realtime.


Log
Pada menu log kita bisa melihat Event Log, Data Log, dan Test UPS Log. Event Log adalah log yang dihasilkan dari UPSilon 2000 sedangkan Data Log adalah log status dari UPS yang terhubung.



Artikel ini dibuat pada hari Senin, 24 Agustus 2020




Kembali ke :
Halaman Artikel | Kategori Fitur & Penggunaan