by: CITRAWEB SOLUSI TEKNOLOGI, PT
Aturan | Tentang Kami | Kontak Kami

Artikel

[CAMBIUM] MAC Authentication pada Cambium

Rabu, 29 Juli 2020, 14:05:00 WIB
Kategori: Fitur & Penggunaan

Wireless Cambium memiliki berbagai fitur yang bisa digunakan untuk mendukung kinerja dari perangkat wireless tersebut. Fitur-fitur yang biasa digunakan antara lain Band Steering, Auto RF, Off Channel Scan, Mac Authentication, dll. Pada kesempatan kali ini kita akan mencoba membahas mengenai fitur MAC Authentication pada Cambium.

Fitur MAC Authentication ini biasa digunakan pada jaringan wireless yang bersifat private dimana kita akan membatasi akses koneksi untuk beberapa user yang kita kenali saja.

Contoh implementasinya, ketika kita memiliki wifi yang sudah dikonfigurasikan password sedemikian mungkin, terkadang password wifi tersebut masih saja tersebar. Dengan contoh kasus tersebut, maka solusinya adalah menerapkan "MAC Authentication" pada jaringan kita.  

Dengan fitur "MAC Authentication", setiap perangkat client yang akan terkoneksi ke dalam jaringan kita maka akan dilakukan pengecekan terlebih dahulu, apakah mac address client sudah terdaftar atau belum. Jika MAC Address sudah terdaftar maka client bisa terkoneksi, namun jika MAC Address belum terdaftar maka client tidak akan bisa terkoneksi. Dengan begitu kita bisa melakukan filtering terhadap client-client yang akan terkoneksi ke jaringan kita.

Untuk menggunakan fitur "MAC Authentication" pada Cambium, ada 2 metode yang bisa kita gunakan, yaitu:

  • MAC Authentication Policy.
  • Association ACL (CNMaestro).

[Metode1 MAC Authentication Policy]

Untuk melakukan blokir MAC Address yang tidak dikenali dengan metode MAC Authentication Policy ini, maka kita bisa lakukan konfigurasi di setiap perangkat Access Point Cambium. Sehingga dengan demikian kita bisa memberikan kebijakan yang berbeda-beda terhadap setiap client yang akan terkoneksi.


Konfigurasinya, silahkan lakukan remote ke perangkat AP Cambium kemudian arahkan ke menu Configure--WLAN--Access. MAC Authentication Policy terletak di menu yang paling bawah.


Terdapat beberapa opsi MAC Authentication Policy yang bisa kita pilih,

  • Deny: Deny merupakan konfigurasi default dari MAC Authentication Policy, Dengan konfigurasi Deny dan kita tidak menentukan MAC Address dari perangkat client maka semua client boleh terkoneksi ke AP. Namun jika kita akan memblokir salah satu perangkat maka kita bisa isikan salah satu MAC Address kemudian opsinya adalah "Deny".

  •  Permit: Jika opsi ini yang digunakan, maka hanya perangkat yang sudah kita daftarkan yang bisa terkoneksi, perangkat yang MAC Addressnya belum terdaftar maka tidak akan bisa terkoneksi ke AP.

  • RADIUS: Dengan opsi RADIUS, maka perangkat client yang akan terkoneksi akan di autentikasi oleh RADIUS Server.
  • CN Maestro: Jika opsi CN Maestro di aktifkan, maka autentikasi akan dilakukan oleh CNMaestro.

[Metode2 Association ACL (CN Maestro)]

Jika pada metode-1 tadi kita bisa mengkonfigurasikan MAC Authentication pada setiap Access Point, maka pada metode-2 ini kita bisa lakukan MAC Authentication secara terpusat menggunakan CN Maestro. Sehingga dengan menggunakan MAC Authentication pada CN Maestro ini, kita bisa memiliki banyak AP dan autentikasinya nanti akan di lakukan secara terpusat dengan CN Maestro.

Konfigurasinya, silahkan arahkan MAC Authentication Policy pada AP ke mode "CN Maestro",

Konfigurasi diatas bisa dilakukan dengan cara manual untuk setiap AP, atau bisa juga menggunakan template. Konfigurasi AP Cambium dengan template bisa dilihat pada artikel kami yang berjudul: Konfigurasi AP Cambium menggunakan CnMaestro.

Setelah mengarahkan MAC Authentication ke CN Maestro, maka langkah selanjutnya adalah mengakses CN Maestro kemudian ke menu Configuration "Association ACL".




Pada menu Association ACL ini terdapat default Access yaitu Allow dan Deny,

  • Allow: Semua perangkat boleh terkoneksi ke Access Point.
  • Deny: Hanya perangkat terntentu saja yang boleh terkoneksi ke Access Point.

Contoh implementasi ketika kita ingin membatasi hanya beberapa perangkat saja yang boleh terkoneksi maka konfigurasinya sebagai berikut:

Default Access: Deny

Kemudian buat list perangkat-perangkat yang boleh terkoneksi seperti berikut:


Dengan begitu maka hanya perangkat client dengan MAC Address "20:34:FB:DA:E7:CE" saja yang bisa terkoneksi ke Access Point. Dengan menggunakan CNMaestro Cloud atau On-Premise maka bisa menampung data MAC Address sampai dengan 10.000 MAC Address.


Artikel ini dibuat pada 29 Juli 2020





Kembali ke :
Halaman Artikel | Kategori Fitur & Penggunaan