by: CITRAWEB SOLUSI TEKNOLOGI, PT
Aturan | Tentang Kami | Kontak Kami

Artikel

[CAMBIUM] Konfigurasi AP Cambium menggunakan CnMaestro

Rabu, 22 Juli 2020, 13:29:00 WIB
Kategori: Fitur & Penggunaan

CnMaestro adalah controller yang didesign khusus untuk memanage Access Point Cambium. Ada banyak fitur yang bisa digunakan di CnMaestro seperti monitoring, konfigurasi, notifikasi, dsb. Ada 2 versi CnMaestro yang bisa digunakan:

1. CnMaestro OnPremises

2. CnMaestro Cloud


Bagaimana cara konfigurasinya?

Pastikan terlebih dahulu, mau menggunakan CnMaestro OnPremises atau CnMaestro Cloud. Jika sudah, tambahkan / claim perangkat AP Cambium yang dimilik ke CnMaestro yang dipilih.
Penjelasan lebih detail mengenai CnMaestro Cloud dan CnMaestro OnPremises bisa melihat artikel berikut ini CnMaestro

Untuk konfigurasi AP Cambium kali ini menggunakan CnMaestro Cloud, dengan topologi AP sudah terkoneksi ke router dan sudah terhubung ke jaringan internet. Access Point yang digunakan adalah CnPilot e410 tanpa konfigurasi sama sekali. 

1. Langkah pertama, klaim Serial Number perangkat cambium yang dimiliki di CnMaestro Cloud. CnMaestro Cloud bisa diakses di website cloud.cambiumnetworks.com
 
2. Cek ulang pada menu "Device" dan menu "Onboard" untuk memastikan bahwa AP sudah diklaim dengan baik. Status "Onboarded" berarti AP Cambium sudah bisa terkoneksi ke cloud. Status "waiting" berarti internet pada router belum berjalan.
 


3. Untuk pembuatan konfigurasi, tambahkan profile WLAN pada menu "WLANS". Klik "New WLANS" untuk menambahkan konfigurasi baru yang akan digunakan untuk profile perangkat AP. Ada beberapa parameter yang bisa digunakan seperti SSID, Security, dll. Save untuk menyimpan konfigurasi. Misal profile diberi nama "AP-Citraweb"


4. Selanjutnya buka menu "AP Group" dan klik "New AP Group". Group ini nanti digunakan untuk grouping beberapa perangkat Access Point dari WLANs yang sudah dibuat.
Pada sub-menu BASIC, bagian "WLANs" tambahkan profile yang sudah dibuat tadi, yaitu "AP-Citraweb". Misal diberi nama "Citraweb".


5. Masih di AP-Groups, buka sub-menu Radio, tentukan beberapa parameter yang dibutuhkan untuk memancarkan wireless 2.4Ghz dan 5.8Ghz. Parameter yang dibutuhkan seperti channel (frekuensi), antena gain, power, dll. Pastikan anda centang "Paket Error Threshold" pada Auto-RF.



6. Untuk assign AP-Group ke device, masuk ke menu "Devices". Kemudian klik device yang anda miliki dan masuk ke menu "Configuration". Terlihat bahwa AP Group device masih kosong, masukkan konfigurasi atau AP-Groups yang sudah dibuat sebelumnya.



7. Pilih device lalu pindah ke tab "Configuration". Pada "Device Configuration", pilih AP Group yang sudah dibuat sebelumnya yaitu adalah "Citraweb". Otomatis konfigurasi WLANs akan muncul dibawahnya, yaitu konfigurasi SSID dan security. Lalu tekan tombol save.

8. Tunggu proses push configuration ke AP. Dan pastikan proses sudah selesai sampai tanda "In Sync" muncul.


Jika sudah In Sync, Otomatis perangkat sudah memancarkan SSID dan setiap client yang terkoneksi ke AP akan mendapatkan IP Address dari router.

AP Group ini bisa digunakan untuk beberapa Access Point tergantung dari kebutuhan lapangan. Bisa juga membuat beberapa profile yang berbeda untuk membedakan SSID setiap perangkat AP. CnMaestro ini bisa digunakan untuk memudahkan konfigurasi AP Cambium, dan juga memanage secara terpusat. Terdapat banyak fitur tambahan seperti monitoring, notification, troubleshooting, dll.



Artikel ini dibuat pada 24 Juli 2020




Kembali ke :
Halaman Artikel | Kategori Fitur & Penggunaan