by: CITRAWEB SOLUSI TEKNOLOGI, PT
Aturan | Tentang Kami | Kontak Kami

Artikel

Konfigurasi VLAN pada Ruijie Switch (RG-ES200 Series)

Kamis, 30 Maret 2023, 10:53:10 WIB
Kategori: Ruijie

VLAN (Virtual LAN) merupakan fitur yang sudah umum sekali di dunia jaringan komputer. Dengan adanya VLAN ini maka kita bisa membuat beberapa jalur virtual pada suatu interface fisik.

Dalam implementasinya, ketika melakukan konfigurasi VLAN maka ada 2 istilah yang harus kita pahami, yaitu Trunk port dan Akses port. Trunk Port merupakan port yang membawa beberapa informasi tag vlan di dalam suatu interface fisik. Port ini biasanya menghubungkan antara Router ke switch, switch ke switch, atau switch ke AP.

Sedangkan Akses port merupakan port yang sudah tidak membawa header vlan, port ini biasanya terhubung ke perangkat end user, seperti komputer, printer, dll.

Setiap interface VLAN bisa kita berikan layanan yang berbeda-beda, tentunya sesuai dengan kebutuhan Admin jaringan.

Saat ini sudah banyak sekali perangkat-perangkat jaringan komputer yang sudah mendukung VLAN, seperti perangkat Router, Switch Manageable, hingga Access Point.

Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan tutorial mengenai konfigurasi VLAN pada Switch Ruijie dengan tipe ES. Perangkat switch Rujie yang digunakan menggunakan serie: RG-ES205GC-P.

Topologi yang digunakan adalah seperti pada gambar berikut:

Berdasarkan topologi di atas, untuk port5 (uplink) pada switch digunakan untuk kebutuhan trunk port, sedangkan untuk port1 , port2 , dan port3 akan dikonfigurasikan akses VLAN10, VLAN20, dan VLAN30.

Langkah pertama yang bisa di lakukan adalah konfigurasi di sisi router terlebih dahulu. Pada kasus ini kami menggunakan router Mikrotik sebagai router utamanya.

Lakukan konfigurasi dasar pada router seperti IP Gateway, DNS, NAT, dll. Kemudian buat VLAN pada interface yang mengarah ke switch, berikan IP dan servis, misalnya kita berikan servis DHCP Server.

Jangan lupa berikan IP dan DHCP Server pada interface yang mengarah ke switch, hal ini berfungsi supaya perangkat switch bisa kita remote, dan switch mendapatkan IP dari router.

Langkah berikutnya, lakukan konfigurasi di sisi switch RG-ES205GC-P. Konfigurasikan trunk port dan akses port sesuai dengan kebutuhan dan topologi di atas.

Akses switch secara web base, dengan mengisikan alamat IP nya. Pada kasus ini switch mendapatkan alamat IP 172.20.100.252 dari DHCP Server.

Sebelum konfigurasi VLAN, kita bisa mengganti username dan password default dari switch. Jika belum mengubah username dan password default maka tidak bisa melakukan konfigurasi pada switch.

Konfigurasi VLAN bisa di temui pada menu "VLAN Settings". Pertama-tama kita aktifkan menu VLAN yang bisa di temui pada menu "VLAN Members". Kemudian definisikan VLAN ID sesuai dengan kebutuhan di atas.

Note: Reyee Switch dengan kategori ES, maksimal VLAN ID yang bisa di buat sejumlah 16. VLAN ID yang bisa digunakan mulai dari 0 hingga 4095.

Langkah selanjutnya, kita bisa mapping port vlan yang bisa di temui pada menu "VLAN Settings".

Untuk konfigurasi Trunk portnya kita konfigurasikan seperti berikut:

Untuk konfigurasi Access Portnya kita konfigurasikan seperti berikut:

Lakukan konfigurasi yang sama, untuk VLAN 20 dan VLAN 30.

Hasil akhirnya akan menjadi seperti berikut:

Pengujian

Langkah pengujian yang bisa di lakukan adalah, pasangkan laptop sesuai dengan port vlan akses yang sudah di konfigurasi. Ketika laptop terkoneksi ke port 1 maka akan mendapatkan alamat ip 10.0.10.X, ketika terkoneksi ke port 2 maka akan mendapatkan ip 10.0.20.X, dan ketika terkoneksi ke port 3 maka akan mendapatkan 10.0.30.X.




Kembali ke :
Halaman Artikel | Kategori Ruijie