by: CITRAWEB SOLUSI TEKNOLOGI, PT
Aturan | Tentang Kami | Kontak Kami

Artikel

Bandwidth Manajemen pada Ruijie

Senin, 12 Juni 2023, 16:30:23 WIB
Kategori: Ruijie

Fitur bandwidth manajemen pada Router atau Switch Manageable adalah hal yang wajib dimiliki pada setiap produk jaringan. Tak terkecuali pada  Ruijie Reyee juga mempunyai fitur tersebut yang dikenal dengan Smart Flow Control (PCQ), Policy Flow Control (Simple Queue ) dan App Control

Pada artikel sebelumnya kita pernah membahas tentang bagaimana cara membatasi perangkat atau klien, untuk akses ke sebuah website atau aplikasi tertentu menggunakan App Control. Kali ini kita akan membahas bagaimana cara membatasi kecepatan internet berdasarkan IP. Bagi teman-teman yang belum membaca artikel sebelumnya, bisa di lihat pada halaman berikut https://citraweb.com/artikel/523/ .

Dalam kesempatan kali ini kami menggunakan produk Reyee EG105GW(T) sebagai router gateway sekaligus digunakan untuk bandwidth manajemen.

Langkah pertama kita remote terlebih dahulu EG105GW(T)

 

Kemudian cari menu Gateway pada halaman sebelah kiri, kemudian klik tab Behavior, lalu pilih Flow Control.

 

Aktifkan Smart Flow Control isikan berapa bandwidht yang di dapat dari ISP. Contohnya disini kami berlangganan internet Download 10Mbps dan Upload 10Mbps.

Lalu kita geser ke tab Custom Policy, ada 2 pilihan yaitu Normal Policy dan VPN Policy. Karena kita akan melimit jaringan LAN kita, maka kita pilih Normal Policy, kemudian klik add. VPN Policy digunakan ketika kita akan melimit koneksi dari VPN.

Selanjutnya ada beberapa parameter yang harus di isi, seperti Policy Name, bisa di isi bebas karena ini cuma untuk penamaan saja. Type bisa di pilih User Group atau Custom. Karena kita akan melimit pada user tertentu, maka kita pilih Custom. Type group digunakan apabila sebelumnya kita sudah membuat group IP tertentu. Contoh kita akan melimit IP 192.168.110.106 dengan nama USER A dengan proitity 0 (Highest) denga limit Download 4Mbps dan Upload 4Mbps.

Bandwidth Type: Shared = Bandwidht akan di share ke semua user yang ada di group. Independent = Bandwidht akan share ke semua user, namun kita bisa menentukan Channel Priority dari 0 (high priority) priority 7 dan juga bisa mengisi download limit-at, max limit-at dan juga upload limit-at dan max limit-at. Semisal kita menggunakan lebih dari satu ISP, maka gateway bisa kita pilih menggunakan parameter Interface.

Setelah semua parameter di isi, maka pada tab Normal Policy akan muncul informasi sebagi barikut.

 

Sampai dengan langkah diatas sudah selasai konfigurasi untuk limitasi bandwidth. Lalu kita coba speedtest apakah sudah sesuai dengan limitasi yang sudah kita buat.

Taraaa.. hasilnya sudah sesuai limitasi yang sudah kita buat tadi. Mudah bukan.

 

 




Kembali ke :
Halaman Artikel | Kategori Ruijie