by: CITRAWEB SOLUSI TEKNOLOGI, PT
Aturan | Tentang Kami | Kontak Kami

Artikel

[APlus UPS] Monitoring UPS APlus Menggunakan The Dude

Jum'at, 4 September 2020, 17:28:00 WIB
Kategori: Fitur & Penggunaan

UPS atau Uninterruptible Power Supply adalah perangkat yang berfungsi sebagai alat untuk menyimpan dan menyediakan daya alternatif (backup) ketika peralatan elektronik kehilangan daya listrik dari sumber utamanya secara tiba-tiba. Pada artikel kali ini kami akan membahas bagaimana monitoring perangkat UPS APlus. Perlu diketahui, UPS APlus merupakan Smart UPS terbaru di Citraweb.com yang terdapat fitur monitoring. Monitoring UPS APlus bisa menggunakan port USB dengan aplikasi UPSilon 2000 sudah dibahas pada artikel sebelumnya (https://citraweb.com/artikel_lihat.php?id=402).


Selain itu, monitoring juga bisa menggunakan aplikasi NMS (Network monitoring sistem) pihak ketiga. Syaratnya adalah perangkat UPS bisa ditambahkan SNMP Card agar dapat dimonitor menggunakan SNMP. Saat ini, Citraweb.com memiliki dua perangkat UPS yang support dengan Intelligent Slot (SNMP).

  1. On Line UPS PlusIII-1KLRB, tidak termasuk dengan SNMP Card (Intelligent Slot Kosong).
  2. On Line UPS PlusIII-3KLRB, sudah terdapat SNMP Card pada Intelligent Slot.

Untuk percobaan, kami akan mencoba monitoring On Line UPS PlusIII-3KLRB menggunakan aplikasi The Dude di Mikrotik. Tujuannya agar kita bisa memantau kinerja perangkat UPS tersebut serta penggunaan powernya.

Topologi yang akan digunakan adalah sebagai berikut.


Konfigurasi Network UPS
Untuk langkah awal, hubungkan UPS ke jaringan agar terdeteksi dan mendapatkan IP dari server atau router utama. Selanjutnya, install aplikasi SNMP Card pada perangkat komputer/laptop yang akan digunakan untuk konfigurasi UPS. Pada perangkat On Line UPS PlusIII-3KLRB, SNMP Card yang digunakan adalah NetAgent9. Aplikasi untuk NetAgent9 adalah Netility, aplikasi ini bisa di download di internet atau pada CD yang termasuk dalam paket pembelian UPS.
Berikut proses instalasi aplikasi Netility pada komputer/laptop.


Jika aplikasi sudah terinstall, maka kita bisa melihat semua perangkat UPS di jaringan kita beserta IP Address yang didapatkan. IP Address yang didapatkan bisa digunakan untuk monitoring UPS via web browser. Beserta konfigurasi pada UPS, seperti SNMP, IP Address, dll.



Menambahkan Perangkat UPS ke The Dude
Selanjutnya, kita akan coba koneksikan perangkat UPS dengan The Dude agar bisa dimonitor secara real time. Bagi yang belum mengetahui cara konfigurasi The Dude dan menambahkan perangkat pada The Dude, dapat melihat video di channel YouTube kami mengenai The Dude.

Sebelum menambahkan perangkat UPS ke dalam The Dude ada beberapa langkah awal yang harus dilakukan. Yang pertama adalah mengunggah file Upsmate.mib ke perangkat The Dude Server (direktori dude/files).
File Upsmate.mib ini dapat Anda temukan di CD dalam paket pembelian UPS. File MIB berisi deskripsi hirarki objek yang berisi semua nama objek (OID) yang disusun dalam bentuk struktur tree, dimana daun pohon adalah parameter yang harus diakses oleh Monitor SNMP. Perangkat tersebut diidentifikasi dengan nama Objek identifier (OID). Fungsinya dari file tersebut adalah untuk mengetahui parameter atau informasi apa saja yang ingin kita tampilkan pada The Dude.
Jika file Upsmate.mib sudah masuk ke router, selanjutnya lakukan disable-enable service The Dude melalui menu Dude-Settings.



Langkah selanjutnya, login ke aplikasi The Dude client pada komputer/laptop, pastikan file Upsmate.mib sudah muncul di Mib Nodes bagian File.


Kemudian tambahkan perangkat UPS yang akan dimonitor, baik secara otomatis maupun manual. Cara menambahkan perangkat pada aplikasi The Dude dapat dibaca pada artikel berikut (https://citraweb.com/artikel_lihat.php?id=172). Berikut contoh tampilan pada the Dude setelah Router dan UPS ditambahkan.


Snmpwalk
Agar tampilan lebih bagus pada The Dude, kita bisa menambahkan informasi lainĀ  selain IP Address UPS. Ada banyak informasi yang bisa diambil seperti Voltage, Temperature, dll. Informasi ini bisa kita dapatkan dari OID module yang sudah kita tambahkan tadi (Upsmate.mib). Cara mendapatkan OID bisa menggunakan fitur snmpwalk.

Klik kanan pada device UPS, pilih Tools-Snmpwalk. Maka akan muncul tampilan berikut ini :


Ubah Module menjadi XPPC-MIB dan otomatis akan terdapat informasi apa saja yang bisa kita ambil. Klik kanan informasi yang ingin ditampilkan lalu Copy OID. Misal "upsSmartBatteryVoltage" untuk menampilkan voltage UPS.


Selanjutnya, klik kanan device UPS pada map Dude. Lalu pilih Appearance.


Pada bagian Label, kita bisa tambahkan OID yang sudah kita copy tadi. Contoh penambahannya adalah sebagai berikut :

Voltage : [oid("1.3.6.1.4.1.935.1.1.1.2.2.2.0")] V
Temp : [oid("1.3.6.1.4.1.935.1.1.1.2.2.3.0")/10] C
Status : [oid("1.3.6.1.4.1.935.1.1.1.4.1.1.0")]


Hasilnya, kita bisa monitoring secara real time berdasarkan informasi OID yang kita ambil.




Dengan menggunakan The Dude, kita bisa monitoring semua perangkat UPS yang kita miliki. Bisa juga membuat report penggunaan Voltage dan rata-rate temperature dari UPS. Hal tersebut bisa disesuaikan dengan kebutuhan berdasarkan OID yang diambil.

Jika terjadi hardware fail atau UPS mati, maka akan terdapat notifikasi pada The Dude. Notifikasi bisa berupa pop-up, email ataupun telegram.

Bagi yang berminat menggunakan UPS yang sudah support SNMP, bisa menggunakan link di bawah ini :
- On Line UPS PlusIII-1KLRB detailnya ada di https://citraweb.com/produk_lihat.php?id=811

- On Line UPS PlusIII-3KLRB detailnya ada di https://citraweb.com/produk_lihat.php?id=812


Artikel ini dibuat pada hari Jumat, 4 September 2020




Kembali ke :
Halaman Artikel | Kategori Fitur & Penggunaan