by: CITRAWEB SOLUSI TEKNOLOGI, PT
Aturan | Tentang Kami | Kontak Kami

Artikel

Solusi Dynamic IP Public dengan IP Cloud

Senin, 23 Juni 2014, 10:03:00 WIB
Kategori: Fitur & Penggunaan

Dengan habisnya IPv4 membuat IP Public semakin mahal. Untuk berlangganan IP Public static tentu akan memaksa kita untuk merogoh kocek lebih dalam. Sedangkan IP Public dynamic biasanya lebih murah. Dengan harga murah IP Public dynamic, terkadang menimbulkan kesulitan tersendiri bagi admin jaringan yang hendak membuat router menyediakan service yang bisa diakses dari jaringan internet menggunakan IP Public. Misalnya VPN, atau hanya sekedar meremote router dari internet. 

Akan tetapi, IP Public Dynamic sudah tidak lagi menjadi masalah di MikroTik RouterOS mulai versi 6.14. Di versi ini terdapat fitur baru yang bernama IP Cloud. Fitur ini menyediakan layanan yang bisa dikatakan hampir sama seperti service DDNS (Dynamic DNS) yang banyak tersedia di Internet. Dengan fitur ini, service router yang sebelumnya diakses dengan IP Public, diganti dengan DNS yang disediakan oleh MikroTik.com. Dan ketika IP Public berubah, router akan melakukan update ke MikroTik.com sehingga service router tetap bisa diakses dengan DNS yang telah diberikan sebelumnya.

Jika sebelumnya kita bisa menggunakan layanan DDNS dari pihak ketiga, kita membutuhkan script yang cukup rumit agar router melakukan update ke penyedia DDNS. Dengan fitur IP Cloud, cukup masuk ke menu IP --> Cloud, kemudian centang "Enabled" dan selesai. 

Sebelum menjalankan fitur Ip Cloud ini, pastikan router sudah terkoneksi ke internet, agar router dapat melakukan request DNS ke IP Cloud Server. Jika statusnya sudah "updated", maka kita bisa menggunakan nama Domain untuk remote Router atau mengakses service yang dijalankan oleh router seperti VPN dari jaringan internet. Setiap menit router akan selalu mengecheck outgoing IP Router dan akan melakukan update IP ke IP Cloud Server. Dengan begitu, walau IP public router berubah-ubah, kita tetap bisa remote atau VPN ke router menggunakan nama domain yang sama. Contoh remote router via winbox dengan menggunakan domain

 

Agar fitur IP Cloud ini dapat berjalan dengan baik, pastikan router terkoneksi secara langsung dengan internet, sehingga ip public terpasang di router. Jika router hanya  memiliki IP private maka akan muncul informasi "DDNS server received request from IP 202.65.xxx.x but your local IP was 192.168.128.102; DDNS service might not work." Untuk saat ini fitur IP Cloud hanya support untuk IPv4 dan belum support IPv6.

Selain remote router, bisa juga untuk melakukan dial VPN, karena ternyata dial VPN, misalnya PPTP, ternyata juga bisa menggunakan domain. Contoh implementasi : 

Selain dapat update Dynamic DNS, fitur IP Cloud juga bisa dimanfaatkan untuk update pengaturan waktu pada router jika NTP Client tidak aktif. Caranya, selain centang "Enabled" pada menu IP Cloud, centang juga "Update Time". Dan perlu diketahui, fitur IP Cloud tersedia mulai RouterOS versi 6.14, dan tidak ada di routerOS sebelum 6.14. Format nama domain yang diberikan berdasarkan serial number RouterBoard yang kita gunakan, jadi format domain ditulis seperti berikut :

[SN RouterBoard].sn.mynetname.net

SN disini maksudnya serial number, jadi DNS di-generate berdasarkan serial number yang terdapat pada router. Perlu diketahui bahwa fitur IP Cloud ini hanya support untuk produk RouterBoard, dan belum support untuk produk x86. Perlu diketahui, router MikroTIk akan menggunakan protokol UDP dengan port 39752 untuk melakukan request atau update IP Address ke server IP Cloud. Pastikan jika Anda membuat rule firewall filter, tidak melakukan block terhadap protokol dan port tersebut.




Kembali ke :
Halaman Artikel | Kategori Fitur & Penggunaan